UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah aktivitas Mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi Mahasiswa dan berlatar belakang pada kegiatan yang tidak diperoleh dari perkuliahan. beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Ahmad Dahlan Antara lain :

UKM Bola Basket

    Unit kegiatan mahasiswa bola basket Universitas Ahmad Dahlan merupakan organisasi ekstrakulikuler yang ada di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan. UKM bola basket UAD atau perkumpulan bola basket Universitas Ahmad Dahlan berdiri pada tanggal 7 Februari 2001. Selanjutnya baru secara resmi disahkan menjadi UKM bola basket UAD pada kongres Keluarga Besar Mahasiwa UAD pada bulan april 2001. UKM bola basket UAD mempunyai tim bola basket putra dan tim bola basket putri.

UKM KOPMA

    KOPMA UAD berdiri pada tanggal 14 agustus 2014. KOPMA adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dibidang perkoperasian. KOPMA UAD memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggotanya dengan melatih kreatifitas di bidang usaha. Selain melatih anggota dalam berwirausaha KOPMA UAD juga melatih anggotanya dalam berorganisasi. Usaha KOPMA UAD yang pertama yaitu toko KOPMA dan penyewaan fotocopy yang berlokasi di Kampus 1 UAD. Namun periode 2014 nama toko kopma telah berubah menjadi KOPMART dan penyewaan fotocopy menjadi unit usaha fotocopy yang dikelola oleh KOPMA UAD sendiri.

UKM KSR PMI

    KSR PMI (Korps Sukarela Palang Merah Indonesia) merupakan wadah bagi relawan PMI yang dilatih sebagai ujung tombak PMI dalam mengemban tugas-tugas kemanusiaan dan misi-misi kepalangmerahan. KSR PMI UAD yaitu relawan yang bernaung dibawah PMI dan UAD. Proses terbentuknya UKM KSR PMI UAD berawal dari satu,dua relawan UAD yang pada tahun 1998-2000 bergabung dengan unit I Macab kota Yogyakarta.

UKM Lensa

    UKM lensa merupakan sebuah UKM fotografi yang didirikan pada tanggal 28 oktober 1998 dengan keputusan Kongres Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) ke II tahun 1998. Sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa, yang sampai sekarang memiliki anggota aktif kurang lebih 150 orang. UKM LENSA adalah organisasi dimana mahasiswa dapat mengembangkan bakat, minat serta hobi dalam dunia fotografi.

UKM MADAPALA

    Mahasiswa Ahmad Dahlan Pecinta Alam adalah komunitas pecinta alam dan sebuah organisasi yang merupakan bagian dari unit kegiatan mahasiswa UAD yang telah berdiri sejak tahun 1983. Pada awalnya UAD bernama IKIP Muhammadiyah dan MADAPALA masih bernama MAHIMPA kemudian berganti nama pada tahun 1994 menjadi MADAPALA sampai dengan sekarang.

UKM MENWA

    Resimen Mahasiswa Mahakarta Satuan Ahmad Dahlan didirikan sesuai dengan pendidikan Menwa Mahakarta pada tanggal 10 januari 1963 dan berkedudukan di gedung ITC kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan.

    UKM Seni Musik

      UKM Seni Musik UAD berdiri pada tahun 1998, Berawal dari hobi gitaran dan kumpul bersama para mahasiswa UAD. Kemudian, seiring berjalannya waktu tercetuslah ide untuk membentuk organisasi. Pada tanggal 1 November 1998 diresmikan menjadi hari lahir UKM seni Musik UAD.

    UKM Pramuka

      UKM Pramuka UAD merupakan salah satu wadah generasi muda indonesia khususnya di Universitas Ahmad Dahlan yang siap terjun di masyarakat. Dengan landasan Tri Satya dan Dasa Dharma lahirlah Racana Kyai Haji Ahmad Dahlan & Nyai Hajjah Ahmad Dahlan Gugus Depan Kota Yogyakarta 13-071 & 13-072 pada tanggal 29 November 1982, dimana UAD masih dengan nama IKIP Muhammadiyah.

    UKM POROS

      POROS merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik. Selain sebagai wadah pendidikan jurnalistik, poros juga bertujuan menjadi sebuah media kampus yang aktif menyaring aspirasi civitas akademika, dosen, mahasiswa dan peneliti dengan cara menyajikan berita yang mampu mengarahkan ke perubahan yang lebih baik. Lahir sejak tahun 1996, kemudian diresmikan tahun 2000, poros telah mengabdikan dirinya untuk menyajikan informasi hingga kini.

    UKM PSM

      UKM Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana berdiri sejak tahun 1998 di UAD oleh alm.mas Erwin dan bpk. Dedi Pramono M.HuM, pada tahun 2008 pada saat Kongres Besar Mahasiswa UAD PSM AG diresmikan menjadi UKM sejajar dengan UKM-UKM dan LIM. Nama Ahda Gitana berasal dari kata Ahmad Dahlan dan Gitana berarti suara yang bila digabungkan berarti suara-suara titisan KH.Ahmad Dahlan.

    UKM Seni Tari

      Komunitas Tari ”Kirana Bhaskara” UAD terbentuk pada 13 juli 2012 di kampus 2 UAD, tujuan dari terbentuknya komunitas ini adalah untuk mewadahi bakat-bakat seni mahasiswa UAD di bidang tari dan juga menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian indonesia. Pada awalnya komunitas Tari UAD diberi nama “Panca Prawesti”, nama ini digunakan hingga tahun 2014.

    UKM BADMINTON

      UKM Badminton adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada dilingkungan UAD yang merupakan suatu organisasi pengembangan minat dan bakat mahasiswa tingkat universitas dalam olahraga Badminton yang anggotanya seluruh mahasiswa dari berbagai program studi di UAD. Tanggal 10 April 2011 ditetapkan sebagai hari lahirnya komunitas Badminton Mahasiswa UAD.

    UKM SEPAKBOLA

      UKM sepakbola adalah organisasi yang bergerak dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam hal olahraga sepakbola. Sebelum UKM sepakbola brdiri, telah terbentuk sebelumnya UKM Olahraga se-UAD yang menungi olahraga seperti sepakbola, bola voli dan bola basket. Karena telah dianggap mampu untuk berdiri sendiri dan banyaknya minat dari mahasiswa maka pada tanggal 27 mei 1999 dibentuklah UKM sepakbola hingga saat ini.

    UKM BOLA VOLI

      Unit kegiatan mahasiswa bola voli UAD didirikan pada tanggal 26 april 2003 yang berkedudukan di Universitas Ahmad Dahlan. UKM bola Voli tampil sebagai lembaga yang mampu menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang olahraga khusunya volly ball. Berbagai kegiatan sudah diakukan di unit ini. Selain latihan rutin , UKM bola voli juga sering mengadakan event tingkat fakultas maupun universitas se-DIY.

    UKM TAE KWON DO

      Tae Kwon Do meupakan salah satu seni beladiri yang ada di indonesia yang berasal dari negeri korea dan dikembangkan di indonesia mulai tahun 1981 yaitu dengan terbentuknya pengurus besar Tae Kwon Do Indonesia (PBTI). Sementara itu Tae Kwon Do UAD berdiri pada TAHUN 1988 yang pada waktu itu masih dalam bentuk divisi UKM Olah raga.

    UKM KARATE

      UKM karate “KKI” UAD merupakan unit kegiatan mahasiswa dibidang olahraga seni beladiri karate dengan perguruan KKI (kushin Ryu M karate Do Indonesia).
    Be Sociable, Share!
    No tags for this post.